Selasa, 30 Oktober 2012

soal

TRY OUT 2 UJIAN NASIONAL TAHUN 2012
Mapel/ Kelas : Bahasa Indonesia / XII
1. Kaki Palsu adalah drama pertamanya, dipentaskan ketika ia di SMP, dan Orang-Orang di Tikungan Jalan
adalah drama pertamanya yang mendapat penghargaan dan hadiah pertama dari Kantor Wilayah
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Yogyakarta. Pada saat itu ia sudah duduk di SMA. Penghargaan
itu membuatnya sangat bergairah untuk berkarya. Prof. A. Teeuw, di dalam bukunya Sastra Indonesia
Modern II ( 1989), berpendapat bahwa dalam sejarah kesusastraan Indonesia modern Rendra tidak termasuk
ke dalam salah satu angkatan atau kelompok seperti Angkatan 45, Angkatan 60-an, atau Angkatan 70-an.
Dari karya-karyanya terlihat bahwa ia mempunyai kepribadian dan kebebasan sendiri. SKL 2
Berdasarkan kutipan di atas, yang tidak termasuk isi biografi WS Rendra adalah ...
A. Rendra tergolong sastrawan dan budayawan yang religius
B. Berdasarkan karya-karyanya, Rendra mempunyai kepribadian tersendiri
C. Rendra telah mementaskan drama pertamanya ketika ia masih bersekolah di SMP
D. Menurut seorang profesor, Rendra tidak termasuk dalam salah satu angkatan
E. Karena pementasan dramanya ketika di SMA, ia mendapatkan penghargaan dan hadiah pertama


2. Pembelajaran yang berorientasi pada target penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetisi
“mengingat” jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali siswa untuk mampu memecahkan persoalan
kehidupan jangka panjang karena siswa belum mempunyai kompetensi.
Makna istilah yang bercetak miring pada kalimat di atas adalah ....
A. persaingan – kemampuan D. perlombaan -unjuk rasa
B. berkekuatan- berkelanjutan E. persaingan-berdaya guna
C. berhasil guna-berdaya guna

3. Isu „monarki-demokrasi‟ itu pun seperti banjir lahar dingin Merapi (1). Menjadi topik hangat yang tak
terbendung lagi(2). Masyarakat awam, politisi, dan pejabat publik ikut melibatkan diri dalam diskusi(3).
Demikian ramai lalu lintas pernyataan pendapat itu(4). Sejumlah pejabat pemerintah dan jubir kepresidenan
meminta semua pihak untuk menahan diri(5). Menghentikannya di balik dalih „masyarakat telah menafsirkan
keliru‟ atas pernyataan presiden.
KR 3 Desember 2010
Kalimat berupa opini penulis pada kutipan tajuk tersebut terdapat pada kalimat... . SKL 3
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5)

Kutipan karya sastra Melayu Klasik berikut untuk menjawab nomor 4 dan 5. SKL 5
Tersebutlah perkataan Raja Syahsiah tiada mempunyai seorang anak. Pada suatu hari baginda pergi berburu
dan melihat seekor kijang menangisi ibunya yang telah dipanah mati. Baginad terharu dan ingin berputera.
Kemudian terdengar khabar bahwa di sebuah gunung yang jauh ada tinggal seorang maharesi pertapa yang
terlalu sakti. Berma Sakti namanya. Barang siapa ingin beranak boleh meminta obat daripadanya. Akan
tetapi, karena tempat gunung terlalu jauh dan harus melewati hutan rimba yang penuh dengan binatang buas,
tiada seorang pun yang sanggup pergi ke gunung itu. Indraputera menawarkan diri untuk pergi ke gunung itu.
Maka pergilah Indraputera mencari obat itu. Bermacam-macam pengalaman dialami. Ia pernah bertemu
dengan tengkorak yang dapat berkata-kata, membunuh raksasa dan makan manusia. Ia juga pernah
mengunjungi negeri jin Islam, negeri yang penghuninya kera belaka dan kalau siang hari hari menjadi
manusia. Ia bersahabat dengan anak raja-raja yang berasal dari golongan manusia dan jin. Berbagai hikmah
diperolahnya, ada hikmat yang dapat menciptakan negeri langkap dengan segalanya, menciptakan angin
ribut, menghidupkan orang yang telah mati. Akhirnya sampai ia di gunung tempat pertapaan Berma Sakti.
Berma Sakti memberikan obat kepada Indraputera, di samping itu Indraputera juga diajar berbagai hikmat .
berkata Berma Sakti kepada Indraputera,” Hai anakku, pejamkan matamu dan citalah barang yang engkau
kehendaki niscaya sampailah ke tempat itu.”

4. Unsur intrinsik yang dominan dalam kutipan di atas adalah... .
A. alur dan latar D. tema dan latar
B. tema dan amanat E. amanat dan sudut pandang
C. tokoh dan penokohan
5. Kalimat berikut yang tidak termasuk isi kutipan di atas adalah... .
A. Tidak ada yang sanggup mencari obat kecuali Indraputera
B. Raja terharu melihat kijang yang menangisi kematian ibunya
C. Indraputera memperoleh obat dan mendapatkan berbagai hikmat
D. Perjalanan Indraputera mengalami berbagai rintangan dan hambatan
E. Indraputera mengunjungi negeri jin Islam dan bersahabat dengan anak-anak raja
Tryout UN Bahasa Indonesia IPA/IPS SMA 2012. Distributed by http://pak-anang.blogspot.com Halaman 1

6. Perkembangan Harga Pertamak September s.d Desember 2010 SKL 4
Waktu
Harga satuan per liter

September 2010
5500

Oktober 2010
6600

November 2010
7050

Desember 2010
7550


Simpulan isi tabel tersebut yang tepat adalah ....
A. Penetapan harga pertamak per 1 Juni2008 tidak tepat
B. Kecenderungan harga pertamak naik terjadi pada tahun 2008
C. Akhir tahun 2008 adalah tahun menggembirakan konsumen
D. Selama tiga tahun harga pertamak sangat tidak menentu
E. Harga pertamak per liter mengalami kenaikan sejak September 2010 s.d Desember 2010
Kutipan cerpen berikut untuk mengerjakan soal nomor 7 s.d 9 SKL 6

Maka Karman bekerja dengan sangat hati-hati. Ia menggabungkan kesempurnaan teknik, keindahan estetika,
serta ketekunan. Hasilnya adalah sebuah mahkota mesjid yang sempurna. Tidak ada kerutan-kerutan. Setiap
sambungan terpatri rapi. Kerangkanya kokoh dengan pengelasan saksama.
... .
“Luar biasa bagusnya,” kata seseorang ketika kubah mesjid hasil kerja Karman selesai dipasang menjadi
puncak bangunan mesjid.
“Beruntung,” sambung yang lain, “kita mendapatkan Karman kembali. Kalau tidak, niscaya kita tidak bisa
bersembahyang di dalam mesjid sebagus ini.”
Karman mendengar puji-pujian itu. Rasanya dia yakin bahwa dirinya tidak berhak menerima semua pujian
itu. Tetapi wajah orang-orang Pegaten yang berhias senyum, sikap mereka yang makin ramah, membuat
Karman merasa sangat bahagia. Karman sudah melihat jalan kembali menuju kebersamaan dan kesetaraan
dalam pergaulan yang hingga hari-hari kemarin terasa mengucilkan dirinya. Oh, kubah yang sederhana itu.
Dalam kebisuannya, mahkota mesjid itu terasa terus mengumandangkan janji akan memberikan harga asasi
kepada setiap manusia yang sadar akan kemanusiaannya. Dan Karman merasa tidak terkecuali.
Kubah, Ahmad Tohari

7. Penggambaran watak tokoh Karman dilakukan dengan cara... .
A. bentuk fisik
B. pikiran dalam hati tokoh
C. paparan langsung dari pengarang
D. tanggapan tokoh lain dan pikiran dalam hati tokoh
E. bentuk fisik, sikap dan perilaku tokoh dan pikiran dalam hati tokoh

8. Latar suasana penggal cerita di atas adalah... .
A. Proses pembuatan kubah masjid
B. Hak asasi yang diberikan kepada setiap manusia
C. Pujian masyarakat terhadap kubah masjid buatan Karman
D. Kebanggan dan keberuntungan dengan selesainya kubah masjid
E. Kebahagiaan Karman atas sikap orang Pegaten yang menghargainya

9. Sudut pandang penceritaan di atas adalah... .
A. orang pertama pelaku sampingan D. orang pertama pelaku utama
B. orang ketiga serba tahu E. orang ketiga terbatas
C. orang kedua
Kutipan drama berikut untuk mengerjakan soal nomor 10 dan 11!
Sutopo : (Berhenti menulis memandang Citra) Makin lama makin cepat juga rupanya mengetik, Dik!
Citra : (Agak malu) Kapan Mas yang jadi guruku?
Sutopo : (Tersenyum) Ya kita akan bekerja lagi sekuat-kuat tenaga, Dik. Sudah empat bulan pabrik kita
ini berhenti, karena perang. Sekarang pemerintah memberi lagi kesempatan seluas-luasnya
untuk bekerja terus. Zaman pembangunan sudah datang.
Citra : Mas suka mempermain-mainkan aku. Mana pula aku akan dapat menolong. Aku cuma anak
desa yang bodoh, dilahirkan untuk bekerja di dapur. Aku cuma anak pungut.

10. Amanat yang terdapat dalam penggalan drama di atas adalah... . SKL 6
A. rendah diri itu tidak benar
B. songsonglah hari esok yang lebih baik
C. bekerjalah sampai menunggu perang selesai
D. kesempatan untuk bekerja tiada datang dua kali
E. gunakanlah kesempatan yang datang sebaik mungkin
Tryout UN Bahasa Indonesia IPA/IPS SMA 2012. Distributed by http://pak-anang.blogspot.com Halaman 2

11. Masalah yang dibicarakan dalam drama di atas adalah... .
A. merasa bodoh sebagai anak desa dan tidak bisa menolong
B. mempertahankan kegigihan dalam melakukan pekerjaan
C. menjalani kehidupan setelah perang kemerdekaan
D. memulai kehidupan setelah perang
E. mengisi zaman pembangunan

Kutipan puisi berikut untuk menjawab nomor 12 s.d.14 SKL 7
Tuhan Telah Menegurmu
Tuhan telah menegurmu dengan cukup sopan
lewat perut anak-anak yang kelaparan
Tuhan telah menegurmu dengan cukup sopan
lewat semayup suara adzan
Tuhan telah menegurmu dengan cukup menahan kesabaran
lewat gempa bumi yang bergoncang
deru angin yang meraung kencang
hujan dan banjir yang melintang pukang
Adakah kau dengar?
12. Amanat yang terdapat dalam puisi tersebut adalah... .
A. kita hendaknya bisa menahan lapar D. manusia memang tidak dapat diperingatkan
B. manusia harus sadar atas teguran Tuhan E. bencana alam hanyalah azab bagi manusia
C. Tuhan Mahaadil dalam mengatur makhluk-Nya

13. Berikut ini yang tidak termasuk teguran Tuhan dalam puisi tersebut adalah... .
A. hujan angin yang melintang pukang D. gempa bumi yang bergoncang
B. perut anak-anak yang kelaparan E. banyak manusia yang disesatkan
C. semayup suara adzan

14. Berdasarkan puisi tersebut, nilai-nilai apakah yang kita dapatkan adalah... .
A. Hujan dan banjir hanyalah bentuk adzab
B. Suara adzan bukanlah bentuk teguran halus
C. Gempa bumi yang berguncang adalah bencana kemanusiaan
D. Kita hanya harus peduli pada anak-anak yang kelaparan
E. Tuhan secara tidak langsung menegur manusia

15. Perhatikan pantun berikut! SKL 8
Pergi berlayar ke Bermuda
Layar perak sobek ditambal
Rajin belajar di saat muda
….
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ….
A. agar orang tua tidak kesal D. agar tidak menjadi bebal
B. agar kelak tidak menyesal E. agar ilmu dapat dijajal
C. agar kelak hidup kekal

16. Beribadah dengan sungguh
Tenang batin pasti terengkuh
Maksud satu bait gurindam tersebut adalah... .
A. Orang yang beribadah akan mendapatkan ketenangan jiwa dan raga
B. Hati akan menjadi tenang jika mau beribadah dengan sungguh-sungguh
C. Selama orang mau beribadah akan terjamin kehidupan batinnya
D. Setiap melakukan ibadah hendaknya dilakukan dengan tulus ikhlas
E. Ibadah menjadi kunci utama dalam menjalani kehidupan batin
Tryout UN Bahasa Indonesia IPA/IPS SMA 2012. Distributed by http://pak-anang.blogspot.com Halaman 3

17. Seorang bayi itu suci belum tersentuh, sama dengan kertas putih. ... Jika kertas itu diisi dan digambari dengan
hal-hal yang bermanfaat dan indah, tentu orang akan menyukai atau mengambil manfaatnya. Akan tetapi, jika
diisi dengan coretan-coretan yang tidak bermanfaat , kertas itu akan diabaikan orang atau mungkin dibuang.
Begitu pula dengan bayi, jika kelak ia dibimbing dan diberi pendidikan yang sebaik-baiknya, ia akan menjadi
orang yang berguna bagi nusa, bangsa, agama, dan orang tuanya. Seperti halnya kertas putih tersebut.
Bagian rumpang paragraf analogi di atas dilengkapi dengan .... SKL 10
A. Kertas dapat diisi dengan berbagai tulisan dan gambar, bergantung pada pemiliknya.
B. Kertas dapat dilipat dalam berbagai bentuk dan digunakan untuk berbagai keperluan
C. Bayi ibarat air yang dapat dijadikan apa saja sesuai dengan kemampuan pembuatnya
D. Pertumbuhan bayi akan mengikuti danseiring dengan zaman ketika ia dilahirkan
E. Jika kita menuang air pada suatu tempat, air akan menyesuaikan tempatnya

18. Pada semester gasal, nilai matematika kelas XII IPA-1 rata-rata 78, rata-rata nilai mata pelajaran IPA baik
fisika, kimia biologi 81, nila0, mata pelajaran bahasa, untuk bahasa Indonesia 85, bahasa Inggris 87, bahasa
Jawa 80, sedangkan mata pelajaran lain reratanya di atas 79. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ....
Simpulan yang tepat paragraf generalisasi di atas adalah ....
A. Prestasi mata pelajaran bahasa sangat tinggi
B. Itulah capaian nilai siswa-siswa kelas XII IPA 1
C. Nilai-nilai tersebut diperoleh pada semester gasal
D. Prestasi siswa kelas XII IPA 1 cukup memuaskan
E. Prestasi para siswa kelas XII IPA 1 tidak perlu diragukan lagi

19. Pada musim tanam tahun ini dua kali banjir Sungai Elo telah melanda persawahan penduduk Tanjungsari.
Sekitar dua puluh persen tanaman padi berumur satu bulan hanyut dilalapnya. Ketika tanaman padi yang
tersisa mulai berbunga, hama walang sangit datang menyerangnya. Selang beberapa minggu kemudian,
hama tikus menyusulnya dengan membabat habis bulir-bulir padi yang kurang berisi itu. ... .
Kalimat akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah... .
A. Karena itu, Tanjungsari mengalami gagal panen pada beberapa tahun ini.
B. Gagal panen akan dialami petani Tanjungsari beberapa tahun kemudian.
C. Petani Tanjungsari mengalami gagal panen pada musim tanam tahun ini.
D. Semua petani akan mengalami gagal panen pada musim tanam tahun ini.
E. Gagal panen seering dialami petani yang berada di sepanjang Sungai Elo.

20. PU : Setiap siswa kelas XII yang akan mengikuti ujian harus menyusun karya tulis
PK : Sekarwati siswa kelas XII yang akan mengikuti ujian
S : Sekarwati harus menyusun karya tulis
Entimen dari silogisme di atas adalah ....
A. Setiap siswa kelas XII yang akan mengikuti ujian harus menyusun karya tulis
B. Sekarwati siswa kelas XII yang akan mengikuti ujian harus menyusun karya tulis
C. Sekarwati harus menyusun karya tulis, ia siswa kelas XII yang akan mengikuti ujian
D. Setiap siswa kelas XII harus menyusun karya tulis karena mereka akan mengikuti ujian
E. Semua siswa kelas XII harus menyusun karya tulis karena setiap siswa akan mengikuti ujian

21. Setelah mendengar penjelasanku, air muka Mas Indra tampak lebih rileks. Demikian pula ... .
“Aku mengerti perasaanmu, tapi bersabarlah. Pengorbanan selalu diperlukan untuk kemajuan yang akan
dicapai,” katanya. Aku menganggukkan kepala.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf narasi tersebut adalah... .
A. Pandangan matanya yang semula keras dan tajam mulai melunak.
B. Ibu berulang-ulang melarangku berhubungan dengan Mira.
C. Kaki dan tangannya yang semula mengendor mulai menegang.
D. Mas Bowo dengan serta merta ikut-ikutan membentakku.
E. Baju yang dikenakannya tiba-tiba dilepas dan berganti dengan kaos.

22. Kita menyadari benar bahwa kondisi bangsa yang ..., ..., dan kebhinekaan sangat memerlukan pendekatan
dan metode yang ... untuk membangun bangsa kita yang besar ini.
Penulisan kata serapan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah... . SKL 12
A. heterogeen, fluralisme, konfrehensif D. heterogen, fluralisme, komprehensif
B. hetrogen, pluralisme, konfrehensif E. heterogen, pluralis, konprehensip
C. heterogen, pluralisme, komprehensif
Tryout UN Bahasa Indonesia IPA/IPS SMA 2012. Distributed by http://pak-anang.blogspot.com Halaman 4
5
23. Akibat serangan hama itu, nilai jual padi di wilayah timur Cilacap menjadi sangat rendah. Apalagi tanaman
padi tersebut sempat terguyur abu vulkanik Merapi. ... . Daya tarik pembeli pun menjadi berkurang.
Kalimat deskriptif yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah... . SKL 10
a. Jika demikian, daya jualnya menjadi rendah
b. Padi seperti ini tidak bisa diharapkan lagi
c. Otomatis tidak setiap orang mau membelinya
d. Bulir-bulir padi kusam, keabu-abuan, dan tidak cerah
e. Sesuatu yang sudah cedera tidak mudah dijual
24. Cermati paragraf tulisan esai sastra berikut ini!
Ada sebuah pertanyaan besar yang sampai sekarang belum ada jawaban yang memuaskan. Benarkah sastra
Indonesia lahir pada 1920? Tidak sedikit pakar sastra Indonesia yang masih berpendapat bahwa kelahiran
sastra Indonesia dimulai pada 1920 dengan sejumlah argumentasi yang sekilas tampak mantap. Tanpa
mengulang kembali apa yang telah disampaikan A. Teeuw, Ajip Rosidi, Yudiono K.S., Maman S. Mahayana,
Bakri Siregar, bahkar Umar Yunus dan Slametmoeljana, saya mencoba melihat upaya yang dilakukan para
pakar sastra lainnya dalam merekonstruksi sejarah sastra Indonesia pada era reformasi ini.
Hal yang diungkapkan dalam kutipan esai di atas adalah... . SKL 22
A. pengarang dalam sastra Indonesia D. sejarah sastra Indonesia
B. penemu sastra Indonesia E. lahirnya sastra Indonesia
C. rekonstruksi sastra Indonesia
25. Jika seseorang menyukai sesuatu yang dikerjakan, dia tidak akan merasa pekerjaan tersebut sebagai beban. ...,
dia akan menganggap pekerjaan tersebut sebagai sesuatu yang dapat memberikan kesenangan. ..., dia akan
lebih bersemangat dan tekun dalam mengerjakannya, akan berusaha untuk menghasilkan yang terbaik. ...,
orang tersebut akan lebih tahan jika mengalami atau menghadapi masalah. SKL 13
Secara berturut-turut konjungsi yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf tersebut adalah... .
A. sebaliknya, akibatnya, selain itu D. karena itu, di samping itu, maka
B. sehingga, maka dari itu, bahkan E. akan tetapi, sebaliknya, lain itu
C. meski demikian, untuk itu, maka
26. Hilangnya budaya... hanya untuk mengejar prestasi kerja. Prestasi ... hanya bisa diraih dengan baik karena
kinerja yang baik. Jangan hanya membeli prestasi untuk... Adipura. ... saya seperti ini bukanlah sesuatu yang
fantastis di era yang serba canggih.
Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah... . SKL 12
A. nyogok, memangnya, mendapatkan, mau
B. menyogok, emangnya, dapet, keinginan
C. menyogok, semestinya, mendapatkan, keinginan
D. mensogok, mestinya, mendapatkan, keinginan
E. mensogok, seharusnya, dapat, kemauan
27. Fungsi ... hakim yang selama ini ... Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial seharusnya bisa berjalan seiring.
Namun dalam praktiknya, kedua lembaga negara itu ... tidak bisa bekerja sama dalam mengawasi ... hakim
di Indonesia.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah... . SKL 12
A. mengawasi, dijalani, berkesan, pekerjaan D. pengawasan, dijalankan, terkesan, kinerja
B. pengawasan, dijalani, terkesan, pekerjaan E. pengawas, dijalankan, mengesankan, pekerja
C. mengawasi, menjalankan, terkesan, pekerjaan
28. Wak Katok berumur lima puluh tahun. Perawakannya kokoh dan keras, ..., kumisnya panjang dan lebat, otototot
tangan dan kakinya bergumpalan sebagaimana laiknya orang baru berumur tiga puluhan, bibirnya
penuh dan tebal, matanya bersinar tajam.
Frasa yang paling tepat untuk melengkapi deskripsi objektif tersebut adalah... . SKL 13
A. rambutnya yang terurai panjang D. rambutnya masih hitam legam
B. rambutnya memutih keemasan E. rambutnya keriting mengusut
C. rambutnya tinggal puluhan helai
Tryout UN Bahasa Indonesia IPA/IPS SMA 2012. Distributed by http://pak-anang.blogspot.com Halaman 5
6
29. Anak-anak siswa baru yang kami banggakan,
SMA adalah jenjang pendidikan yang lebih tinggi dari SMP. Kelebihan yang satu ini akan membawa
sederetan kelebihan yang lain, terutama berkaitan dengan sikap dan perilaku para siswa. Perilaku anakanak
dalam bergaul dengan sesama tentu saja akan berbeda dibandingkan ketika anak-anak masih di
bangku SMP, lebih-lebih perilaku dalam hal belajar. ... . SKL 11
Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah... .
A. Karena itu, sebagai pelajar SMA sudah waktunya kalian jangan banyak bermain-main di dalam kelas.
B. Maka dari itu, bacalah buku-buku pelajaran yang tersedia di perpustakaan sebelum guru membahasnya.
C. Sungguh menjadi kemerosotan besar bilamana adik-adik tetap berlaku sebagaimana masih duduk di
bangku SMP.
D. Oleh karena itu, mulai hari ini sebaiknya kalian banyak belajar pada kakak-kakak kelasmu.
E. Tak ada jalan lain kecuali adik-adik mau meninggalkan pelajaran-pelajaran yang pernah didapatkan di
bangku SMP.
30. Perhatikan judul karya ilmiah berikut! SKL 17
Upaya meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pendidikan anak usia dini
Kalimat latar belakang yang sesuai dengan judul karya ilmiah di atas adalah… .
A. Pendidikan anak usia dini merupakan fondasi terpenting untuk mewujudkan generasi penerus pada masa
yang akan datang.
B. Kepedulian dan peran serta masyarakat terhadap terlaksananya pendidikan anak usia dini masih sangat
rendah.
C. Kini banyak lembaga PAUD bermunculan baik formal maupun nonformal, di perkotaan dan pedesaan.
D. Pemerintah kini memprogramkan PAUD sebagai pilihan mencerdaskan bangsa.
E. Kepedulian masyarakat terhadap PAUD dapat diwujudkan terutama dengan penanaman kesadaran.
31. Dalam orasinya, beliau telah sampaikan bahwa masyarakat Yogyakarta tetap bersikukuh untuk
mempertahankan pemerintahan Kasultanan.
Struktur kalimat yang tidak baik ini dapat diperbaiki menjadi... . SKL 13
A. Dalam orasinya telah beliau sampaikan bahwa masyarakat Yogyakarta tetap bersikukuh untuk
mempertahankan pemerintahan Kasultanan.
B. Beliau dalam orasinya telah sampaikan bahwa masyarakat Yogyakarta tetap bersikukuh untuk
mempertahankan pemerintahan Kasultanan.
C. Dalam orasinya beliau telah sampaikan bahwa masyarakat Yogyakarta masih bersikukuh untuk
mempertahankan pemerintahan Kasultanan.
D. Bahwa masyarakat Yogyakarta tetap bersikukuh untuk mempertahankan pemerintahan Kasultanan
dalam orasinya beliau telah sampaikan.
E. Dalam orasinya tentang masyarakat Yogyakarta tetap bersikukuh untuk mempertahankan pemerintahan
Kasultanan beliau telah sampaikan .
32. Penulisan judul karya tulis yang sesuai dengan kaidah ejaan penulisan judul adalah... . SKL 16
A. PEMBANGKIT LISTRIK BERTENAGA SAMPAH di ERA GLOBALISASI
B. Pembangkit Listrik Bertenaga Sampah di Era Globalisasi
C. Pembangkit Listrik Bertenaga Sampah Di Era Globalisasi
D. Pembangkit Listrik Bertenaga Sampah, di Era Globalisasi
E. Pembangkit listrik bertenaga sampah di era globalisasi
SKL 15
33. Saya yang bertanda tangan ... mengajukan lamaran untuk mengisi lowongan kerja tersebut.
Penulisan rincian identitas pelamar yang tepat untuk melengkapi kalimat lamaran pekerjaan tersebut adalah...
A. nama : Nanang Himawan, SE.
pendidikan : S1, Ekonomi
B. nama : LAILI MUNAWAROH.
tempat dan tanggal lahir : Yogyakarta 12 Februari 1986
C. nama : Anisa Kusumawati.
tempat dan tanggal lahir : Yogyakarta, 12 Januari 1977
D. nama : Susi Raysita
alamat lengkap : perum Sawo, Jajar, Blok, E/2A
E. nama : Prabowo
pendidikan : D3 Ekonomi
Tryout UN Bahasa Indonesia IPA/IPS SMA 2012. Distributed by http://pak-anang.blogspot.com Halaman 6
7
34. Perhatikan iklan berikut! . SKL 15
LOWONGAN
Dibutuhkan 5 karyawan untuk bekerja di CV Nutrisi dengan syarat-syarat:
1. Minimum pendidikan D III
2. Menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris
3. Mampu mengoperasikan computer
CV Nutrisi, Jalan Angsoka 14 Yogyakarta. Paling lambat satu minggu setelah iklan ini .
                                                                                Radar Jogja, 8 Februari 2011

Kalimat pembuka surat lamaran yang tepat sesuai dengan iklan di atas adalah... .
A. Sehubungan dengan iklan Bapak di Radar Jogja, saya berniat menjadi karyawan di perusahaan Bapak.
B. Dengan ijasah yang sesuai dengan iklan Bapak, saya bermaksud melamar menjadi ... .
C. Saya lulusan DII menguasai bahasa Inggris dan komputer, ingin melamar lowongan pekerjaan di
perusahaan Bapak.
D. Berdasarkan iklan yang dimuat pada harian Radar Jogja, tanggal 8 Februari 2011, dengan ini saya
mengajukan lamaran pekerjaan menjadi... .
E. Saya ingin melamar pekerjaan sesuai lowongan pekerjaan yang telah diiklankan sebagai...
35. Simaklah nasib tokoh aku dalam Kewang Key, Dilang Putri dan Danau Belau, nasib Inur dalam Eheng, Riu
dalam Penari dan Isuy dan Jemina dalam cerpen yang diangkat menjadi judul buku ini, Tarian Gantar.
Semuanya memperlihatkan relasi tidak terputuskan antara manusia dan lingkungan. Bahkan, ketika yang
disebut pertama ini sudah terpisah puluhan tahun ribuan kilometer jaraknya dengan yang disebutkan terakhir.
Meskipun isinya terdapat kemiripan perwatakan antara satu cerpen dan cerpen lain, misalnya, Riu dan
Jemina. Hal itu tidak mengurangi sebuah keistimewaan kumpulan cerpen. Hal ini pula yang menyebabkan
Tarian Gantar memiliki nilai antropologis, di samping nilai sastranya yang tinggi.
Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah... .
A. Isi cerita Tarian Gantar terdapat banyak kemiripan dengan cerita-cerita yang lain sehingga
membosankan.
B. Tarian Gantar yang merupakan judul buku kumpulan cerpen ini ternyata mempunyai nilai antropologis
dan nilai sastra yang tinggi.
C. Adanya relasi tidak terputuskan antara manusia dan lingkungan membuat cerita mempunyai kemiripan
dengan cerita-cerita terpisah.
D. Kemiripan perwatakan antara beberapa cerita membuat cerita ini tidak memiliki keistimewaan apalagi
membaca untuk cerita selanjutnya.
E. Tarian Gantar yang terdiri dari beberapa judul ini sudah terpisah puluhan tahun dan ribuan kilometer
jarak.
36. Perhatikan satu bait puisi di bawah ini!
...
Berdesir bunyinya sesayup sampai
Tumbuh di pantai bercerai-berai
Memagar daratan aman kelihatan
Dengarlah ombak datang berlagu
Mengajari bumi ayah dan ibu
Indonesia namanya, tanah airku
Pernyataan bermajas personifikasi yang sesuai untuk melengkapi puisi tersebut adalah... . SKL 18
A. Bakau merimbun mengganggu pandangan D. Ombak pantai berkejar-kejaran
B. Lihatlah pohon kelapa melambai-lambai E. Riak pantai berdesir-desir santai
C. Lihatlah wisatawan ramai sekali
37. Setiap pekerjaan di dalam kehidupan ini pasti ada risikonya. Sebagai pekerjaan kita harus memikul risiko
tersebut. Namun, jika kita benar-benar menjalankan pekerjaan dengan cermat, teliti, dan disiplin tentunya
akan meminimalisasi terjadinya risiko. Risiko yang terjadi harus kita pertanggungjawabkan karena hal ini
bagian dari perbuatan yang kita lakukan. Janganlah kita takut dan lari dari risiko. Ibaratnya... .
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah... . SKL 12
A. Tak ada gunung yang tak dapat didaki dan tak ada lembah yang tak dapat dituruni
B. Masuk kandang kerbau menguak masuk kandang kambing mengembik
C. Gajah di pelupuk mata tak tampak semut di seberang lautan tampak
D. Kalau takut dilimbur pasang janganlah berumah di tepi pantai
E. Air cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan juga
LOWONGAN
Dibutuhkan 5 karyawan untuk bekerja di CV Nutrisi dengan syarat-syarat:
1. Minimum pendidikan D III
2. Menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris
3. Mampu mengoperasikan computer
CV Nutrisi, Jalan Angsoka 14 Yogyakarta. Paling lambat satu minggu setelah iklan ini .
Radar Jogja, 8 Februari 2011
Tryout UN Bahasa Indonesia IPA/IPS SMA 2012. Distributed by http://pak-anang.blogspot.com Halaman 7
8
38. Cermati baik-baik penggalan naskah drama berikut! SKL 19
Kanto : (dalam pakaian prajurit masuk girang mendapati Suromo) Romo!
Suromo : (Gembira) Kanto, kau di sini?
Kanto : Aku juga tak mau ketinggalan. Jangan lupa aku juga pernah ikut berusaha.
Suromo : (menjabat tangan Kanto) Tak kusangka kau bisa datang.
Kanto : ...
Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog di atas adalah... .
A. Aku masih di sana sampai sekarang, kamu belum tahu tempatku yang baru?
B. Kamu tidak mengenalku sahabat, nama saya siapa?
C. Kamu baru datang, bukankah kakakmu sudah datang?
D. Aku dapat izin istimewa dari taico-dono, tapi aku mesti masuk lagi malam ini.
E. Kau menyangka aku datang ke sini bukan kembali ke kampung
39. Di taman ini, saya adalah seekor burung. Terbang beribu-ribu mil dari sebuah negeri yang tak mengenal
musim, berimigrasi mencari semi, tempat harum rumput bisa tercium, juga pohon-pohon, yang tak pernah
kita tahu namanya, atau umurnya. Aroma kayu, dingin batu, batu perdu dan jamur-jamur adalah mereka
bernama, atau berumur. ... . SKL 21
Saman, oleh Ayu Utami
Kalimat kritik yang sesuai dengan penjelasan karya fiksi tersebut adalah... .
A. Ayu Utami mengungkapkan pikirannya dalam bahasa yang halus, sederhana, dan mudah dipahami.
B. Ayu Utami kurang cermat dalam mendeskripsikan tempat atau suasana sehingga sulit dibayangkan
wujudnya.
C. Dalam karangannya ini, Ayu Utami telah berhasil menguraikan tema yang sangat jarang digarap orang
lain.
D. Bahasa yang bagus mampu memabawa pembaca untuk tidak berhenti membaca jika belum selesai
membaca novel ini.
E. Ayu Utami berhasil menguraikan tema dengan bahasa yang bagus sehingga mampu menarik perhatian
pembaca.
40. Dengan hormat,
... .
hari/tanggal : Sabtu, 12 Februari 2011
pukul : 14.00 – selesai
tempat : alula SMA Bina Insani
acara : rapat kelulusan siswa Kelas XII
Kami sangat mengharapkan kehadiran Bapak dan Ibu Guru dalam rapat tersebut. Atas perhatian
Bapak/Ibu Guru, kami mengucapkan terima kasih.
Kepala SMA Bina Insani
Drs. H. Rahmat Sutedjo
Kalimat pembuka untuk melengkapi surat undangan tersebut adalah.... .SKL 15
A. Mengingat pentingnya acara rapat kelulusan siswa Kelas XII ini, kami mengundang Bapak/Ibu Guru
untuk hadir pada,
B. Dalam rangka menentukan kelulusan siswa kelas XII, kami mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu Guru
dalam rapat pada,
C. Dengan surat ini, kami mengundang Bapak/Ibu Guru untuk menghadiri rapat yang akan diselenggarakan
pada,
D. Bersama surat ini, kami mengundang Bapak/Ibu Guru untuk menghadiri rapat kelulusan siswa Kelas XII
pada,
E. Berhubung akan diadakan rapat kelulusan siswa Kelas XII, kami mengharapkan kedatangan Bapak/Ibu
pada,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar