TRY
OUT 2 UJIAN NASIONAL TAHUN 2012
Mapel/ Kelas : Bahasa Indonesia / XII
1. Kaki Palsu adalah drama
pertamanya, dipentaskan ketika ia di SMP, dan Orang-Orang di Tikungan Jalan
adalah drama pertamanya yang mendapat
penghargaan dan hadiah pertama dari Kantor Wilayah
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,
Yogyakarta. Pada saat itu ia sudah duduk di SMA. Penghargaan
itu membuatnya sangat bergairah untuk
berkarya. Prof. A. Teeuw, di dalam bukunya Sastra Indonesia
Modern II ( 1989), berpendapat bahwa
dalam sejarah kesusastraan Indonesia modern Rendra tidak termasuk
ke dalam salah satu angkatan atau kelompok
seperti Angkatan 45, Angkatan 60-an, atau Angkatan 70-an.
Dari karya-karyanya terlihat bahwa ia
mempunyai kepribadian dan kebebasan sendiri. SKL 2
Berdasarkan kutipan di atas, yang tidak
termasuk isi biografi WS Rendra adalah ...
A. Rendra tergolong sastrawan dan
budayawan yang religius
B. Berdasarkan karya-karyanya, Rendra
mempunyai kepribadian tersendiri
C. Rendra telah mementaskan drama
pertamanya ketika ia masih bersekolah di SMP
D. Menurut seorang profesor, Rendra
tidak termasuk dalam salah satu angkatan
E. Karena pementasan dramanya ketika di
SMA, ia mendapatkan penghargaan dan hadiah pertama
2. Pembelajaran yang berorientasi pada
target penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetisi
“mengingat” jangka pendek, tetapi gagal
dalam membekali siswa untuk mampu memecahkan persoalan
kehidupan jangka panjang karena siswa
belum mempunyai kompetensi.
Makna istilah yang bercetak miring pada
kalimat di atas adalah ....
A. persaingan – kemampuan D. perlombaan
-unjuk rasa
B. berkekuatan- berkelanjutan E.
persaingan-berdaya guna
C. berhasil guna-berdaya guna
3. Isu „monarki-demokrasi‟ itu pun
seperti banjir lahar dingin Merapi (1). Menjadi topik hangat yang tak
terbendung lagi(2). Masyarakat awam,
politisi, dan pejabat publik ikut melibatkan diri dalam diskusi(3).
Demikian ramai lalu lintas pernyataan
pendapat itu(4). Sejumlah pejabat pemerintah dan jubir kepresidenan
meminta semua pihak untuk menahan
diri(5). Menghentikannya di balik dalih „masyarakat telah menafsirkan
keliru‟ atas pernyataan presiden.
KR 3 Desember 2010
Kalimat berupa opini penulis pada
kutipan tajuk tersebut terdapat pada kalimat... . SKL 3
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5)
Kutipan karya sastra
Melayu Klasik berikut untuk menjawab nomor 4 dan 5. SKL 5
Tersebutlah perkataan Raja Syahsiah
tiada mempunyai seorang anak. Pada suatu hari baginda pergi berburu
dan melihat seekor kijang menangisi
ibunya yang telah dipanah mati. Baginad terharu dan ingin berputera.
Kemudian terdengar khabar bahwa di
sebuah gunung yang jauh ada tinggal seorang maharesi pertapa yang
terlalu sakti. Berma Sakti namanya.
Barang siapa ingin beranak boleh meminta obat daripadanya. Akan
tetapi, karena tempat gunung terlalu
jauh dan harus melewati hutan rimba yang penuh dengan binatang buas,
tiada seorang pun yang sanggup pergi ke
gunung itu. Indraputera menawarkan diri untuk pergi ke gunung itu.
Maka pergilah Indraputera mencari obat
itu. Bermacam-macam pengalaman dialami. Ia pernah bertemu
dengan tengkorak yang dapat
berkata-kata, membunuh raksasa dan makan manusia. Ia juga pernah
mengunjungi negeri jin Islam, negeri
yang penghuninya kera belaka dan kalau siang hari hari menjadi
manusia. Ia bersahabat dengan anak
raja-raja yang berasal dari golongan manusia dan jin. Berbagai hikmah
diperolahnya, ada hikmat yang dapat
menciptakan negeri langkap dengan segalanya, menciptakan angin
ribut, menghidupkan orang yang telah
mati. Akhirnya sampai ia di gunung tempat pertapaan Berma Sakti.
Berma Sakti memberikan obat kepada
Indraputera, di samping itu Indraputera juga diajar berbagai hikmat .
berkata Berma Sakti kepada Indraputera,”
Hai anakku, pejamkan matamu dan citalah barang yang engkau
kehendaki niscaya sampailah ke tempat
itu.”
4. Unsur intrinsik
yang dominan dalam kutipan di atas adalah... .
A. alur dan latar D. tema dan latar
B. tema dan amanat E. amanat dan sudut
pandang
C. tokoh dan penokohan
5. Kalimat berikut
yang tidak termasuk isi kutipan di atas adalah... .
A. Tidak ada yang sanggup mencari obat
kecuali Indraputera
B. Raja terharu melihat kijang yang
menangisi kematian ibunya
C. Indraputera memperoleh obat dan
mendapatkan berbagai hikmat
D. Perjalanan Indraputera mengalami
berbagai rintangan dan hambatan
E. Indraputera mengunjungi negeri jin
Islam dan bersahabat dengan anak-anak raja
Tryout UN Bahasa Indonesia IPA/IPS SMA 2012. Distributed by http://pak-anang.blogspot.com Halaman 1
6. Perkembangan Harga
Pertamak September s.d Desember 2010 SKL 4
Waktu
|
Harga satuan per
liter
|
September 2010
|
5500
|
Oktober 2010
|
6600
|
November 2010
|
7050
|
Desember 2010
|
7550
|
Simpulan isi tabel tersebut yang tepat
adalah ....
A. Penetapan harga pertamak per 1
Juni2008 tidak tepat
B. Kecenderungan harga pertamak naik
terjadi pada tahun 2008
C. Akhir tahun 2008 adalah tahun
menggembirakan konsumen
D. Selama tiga tahun harga pertamak
sangat tidak menentu
E. Harga pertamak per liter mengalami
kenaikan sejak September 2010 s.d Desember 2010
Kutipan cerpen
berikut untuk mengerjakan soal nomor 7 s.d 9 SKL 6
Maka Karman bekerja dengan sangat
hati-hati. Ia menggabungkan kesempurnaan teknik, keindahan estetika,
serta ketekunan. Hasilnya adalah sebuah
mahkota mesjid yang sempurna. Tidak ada kerutan-kerutan. Setiap
sambungan terpatri rapi. Kerangkanya
kokoh dengan pengelasan saksama.
... .
“Luar biasa bagusnya,” kata seseorang
ketika kubah mesjid hasil kerja Karman selesai dipasang menjadi
puncak bangunan mesjid.
“Beruntung,” sambung yang lain, “kita
mendapatkan Karman kembali. Kalau tidak, niscaya kita tidak bisa
bersembahyang di dalam mesjid sebagus
ini.”
Karman mendengar puji-pujian itu.
Rasanya dia yakin bahwa dirinya tidak berhak menerima semua pujian
itu. Tetapi wajah orang-orang Pegaten
yang berhias senyum, sikap mereka yang makin ramah, membuat
Karman merasa sangat bahagia. Karman
sudah melihat jalan kembali menuju kebersamaan dan kesetaraan
dalam pergaulan yang hingga hari-hari
kemarin terasa mengucilkan dirinya. Oh, kubah yang sederhana itu.
Dalam kebisuannya, mahkota mesjid itu
terasa terus mengumandangkan janji akan memberikan harga asasi
kepada setiap manusia yang sadar akan
kemanusiaannya. Dan Karman merasa tidak terkecuali.
Kubah, Ahmad Tohari
7. Penggambaran watak
tokoh Karman dilakukan dengan cara... .
A. bentuk fisik
B. pikiran dalam hati tokoh
C. paparan langsung dari pengarang
D. tanggapan tokoh lain dan pikiran
dalam hati tokoh
E. bentuk fisik, sikap dan perilaku
tokoh dan pikiran dalam hati tokoh
8. Latar suasana
penggal cerita di atas adalah... .
A. Proses pembuatan kubah masjid
B. Hak asasi yang diberikan kepada
setiap manusia
C. Pujian masyarakat terhadap kubah
masjid buatan Karman
D. Kebanggan dan keberuntungan dengan
selesainya kubah masjid
E. Kebahagiaan Karman atas sikap orang
Pegaten yang menghargainya
9. Sudut pandang
penceritaan di atas adalah... .
A. orang pertama pelaku sampingan D.
orang pertama pelaku utama
B. orang ketiga serba tahu E. orang
ketiga terbatas
C. orang kedua
Kutipan drama berikut
untuk mengerjakan soal nomor 10 dan 11!
Sutopo : (Berhenti menulis memandang
Citra) Makin lama makin cepat juga rupanya mengetik, Dik!
Citra : (Agak malu) Kapan Mas yang jadi
guruku?
Sutopo : (Tersenyum) Ya kita akan
bekerja lagi sekuat-kuat tenaga, Dik. Sudah empat bulan pabrik kita
ini berhenti, karena perang. Sekarang
pemerintah memberi lagi kesempatan seluas-luasnya
untuk bekerja terus. Zaman pembangunan
sudah datang.
Citra : Mas suka mempermain-mainkan aku.
Mana pula aku akan dapat menolong. Aku cuma anak
desa yang bodoh, dilahirkan untuk
bekerja di dapur. Aku cuma anak pungut.
10. Amanat yang
terdapat dalam penggalan drama di atas adalah... . SKL 6
A. rendah diri itu tidak benar
B. songsonglah hari esok yang lebih baik
C. bekerjalah sampai menunggu perang
selesai
D. kesempatan untuk bekerja tiada datang
dua kali
E. gunakanlah kesempatan yang datang
sebaik mungkin
Tryout UN Bahasa Indonesia IPA/IPS SMA 2012. Distributed by http://pak-anang.blogspot.com Halaman 2
11. Masalah yang
dibicarakan dalam drama di atas adalah... .
A. merasa bodoh sebagai anak desa dan
tidak bisa menolong
B. mempertahankan kegigihan dalam
melakukan pekerjaan
C. menjalani kehidupan setelah perang
kemerdekaan
D. memulai kehidupan setelah perang
E. mengisi zaman pembangunan
Kutipan puisi berikut
untuk menjawab nomor 12 s.d.14 SKL 7
Tuhan Telah Menegurmu
Tuhan telah menegurmu dengan cukup sopan
lewat perut anak-anak yang kelaparan
Tuhan telah menegurmu dengan cukup sopan
lewat semayup suara adzan
Tuhan telah menegurmu dengan cukup
menahan kesabaran
lewat gempa bumi yang bergoncang
deru angin yang meraung kencang
hujan dan banjir yang melintang pukang
Adakah kau dengar?
12. Amanat yang
terdapat dalam puisi tersebut adalah... .
A. kita hendaknya bisa menahan lapar D.
manusia memang tidak dapat diperingatkan
B. manusia harus sadar atas teguran
Tuhan E. bencana alam hanyalah azab bagi manusia
C. Tuhan Mahaadil dalam mengatur
makhluk-Nya
13. Berikut ini yang
tidak termasuk teguran Tuhan dalam puisi tersebut adalah... .
A. hujan angin yang melintang pukang D.
gempa bumi yang bergoncang
B. perut anak-anak yang kelaparan E.
banyak manusia yang disesatkan
C. semayup suara adzan
14. Berdasarkan puisi
tersebut, nilai-nilai apakah yang kita dapatkan adalah... .
A. Hujan dan banjir hanyalah bentuk
adzab
B. Suara adzan bukanlah bentuk teguran
halus
C. Gempa bumi yang berguncang adalah
bencana kemanusiaan
D. Kita hanya harus peduli pada
anak-anak yang kelaparan
E. Tuhan secara tidak langsung menegur
manusia
15. Perhatikan pantun
berikut! SKL 8
Pergi berlayar ke
Bermuda
Layar perak sobek
ditambal
Rajin belajar di saat
muda
….
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun
tersebut adalah ….
A. agar orang tua tidak kesal D. agar
tidak menjadi bebal
B. agar kelak tidak menyesal E. agar
ilmu dapat dijajal
C. agar kelak hidup kekal
16. Beribadah dengan
sungguh
Tenang batin pasti
terengkuh
Maksud satu bait gurindam tersebut adalah...
.
A. Orang yang beribadah akan mendapatkan
ketenangan jiwa dan raga
B. Hati akan menjadi tenang jika mau
beribadah dengan sungguh-sungguh
C. Selama orang mau beribadah akan
terjamin kehidupan batinnya
D. Setiap melakukan ibadah hendaknya
dilakukan dengan tulus ikhlas
E. Ibadah menjadi kunci utama dalam
menjalani kehidupan batin
Tryout UN Bahasa Indonesia IPA/IPS SMA 2012. Distributed by http://pak-anang.blogspot.com Halaman 3
17. Seorang bayi itu
suci belum tersentuh, sama dengan kertas putih. ... Jika kertas itu diisi dan
digambari dengan
hal-hal yang bermanfaat dan indah, tentu
orang akan menyukai atau mengambil manfaatnya. Akan tetapi, jika
diisi dengan coretan-coretan yang tidak
bermanfaat , kertas itu akan diabaikan orang atau mungkin dibuang.
Begitu pula dengan bayi, jika kelak ia
dibimbing dan diberi pendidikan yang sebaik-baiknya, ia akan menjadi
orang yang berguna bagi nusa, bangsa,
agama, dan orang tuanya. Seperti halnya kertas putih tersebut.
Bagian rumpang paragraf analogi di atas
dilengkapi dengan .... SKL 10
A. Kertas dapat diisi dengan berbagai
tulisan dan gambar, bergantung pada pemiliknya.
B. Kertas dapat dilipat dalam berbagai
bentuk dan digunakan untuk berbagai keperluan
C. Bayi ibarat air yang dapat dijadikan
apa saja sesuai dengan kemampuan pembuatnya
D. Pertumbuhan bayi akan mengikuti
danseiring dengan zaman ketika ia dilahirkan
E. Jika kita menuang air pada suatu
tempat, air akan menyesuaikan tempatnya
18. Pada semester
gasal, nilai matematika kelas XII IPA-1 rata-rata 78, rata-rata nilai mata
pelajaran IPA baik
fisika, kimia biologi 81, nila0, mata
pelajaran bahasa, untuk bahasa Indonesia 85, bahasa Inggris 87, bahasa
Jawa 80, sedangkan mata pelajaran lain
reratanya di atas 79. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ....
Simpulan yang tepat paragraf
generalisasi di atas adalah ....
A. Prestasi mata pelajaran bahasa sangat
tinggi
B. Itulah capaian nilai siswa-siswa
kelas XII IPA 1
C. Nilai-nilai tersebut diperoleh pada
semester gasal
D. Prestasi siswa kelas XII IPA 1 cukup memuaskan
E. Prestasi para siswa kelas XII IPA 1
tidak perlu diragukan lagi
19. Pada musim tanam
tahun ini dua kali banjir Sungai Elo telah melanda persawahan penduduk
Tanjungsari.
Sekitar dua puluh
persen tanaman padi berumur satu bulan hanyut dilalapnya. Ketika tanaman padi
yang
tersisa mulai
berbunga, hama walang sangit datang menyerangnya. Selang beberapa minggu
kemudian,
hama tikus
menyusulnya dengan membabat habis bulir-bulir padi yang kurang berisi itu. ...
.
Kalimat akibat yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah... .
A. Karena itu, Tanjungsari mengalami
gagal panen pada beberapa tahun ini.
B. Gagal panen akan dialami petani
Tanjungsari beberapa tahun kemudian.
C. Petani Tanjungsari mengalami gagal
panen pada musim tanam tahun ini.
D. Semua petani akan mengalami gagal
panen pada musim tanam tahun ini.
E. Gagal panen seering dialami petani
yang berada di sepanjang Sungai Elo.
20. PU : Setiap siswa
kelas XII yang akan mengikuti ujian harus menyusun karya tulis
PK : Sekarwati siswa kelas XII yang akan
mengikuti ujian
S : Sekarwati harus menyusun karya tulis
Entimen dari silogisme di atas adalah
....
A. Setiap siswa kelas XII yang akan
mengikuti ujian harus menyusun karya tulis
B. Sekarwati siswa kelas XII yang akan
mengikuti ujian harus menyusun karya tulis
C. Sekarwati harus menyusun karya tulis,
ia siswa kelas XII yang akan mengikuti ujian
D. Setiap siswa kelas XII harus menyusun
karya tulis karena mereka akan mengikuti ujian
E. Semua siswa kelas XII harus menyusun
karya tulis karena setiap siswa akan mengikuti ujian
21. Setelah
mendengar penjelasanku, air muka Mas Indra tampak lebih rileks. Demikian pula
... .
“Aku mengerti perasaanmu, tapi bersabarlah. Pengorbanan selalu
diperlukan untuk kemajuan yang akan
dicapai,” katanya. Aku menganggukkan kepala.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
paragraf narasi tersebut adalah... .
A. Pandangan matanya yang semula keras
dan tajam mulai melunak.
B. Ibu berulang-ulang melarangku
berhubungan dengan Mira.
C. Kaki dan tangannya yang semula mengendor
mulai menegang.
D. Mas Bowo dengan serta merta
ikut-ikutan membentakku.
E. Baju yang dikenakannya tiba-tiba
dilepas dan berganti dengan kaos.
22. Kita menyadari
benar bahwa kondisi bangsa yang ..., ..., dan kebhinekaan sangat memerlukan
pendekatan
dan metode yang ... untuk membangun
bangsa kita yang besar ini.
Penulisan kata serapan yang tepat untuk
melengkapi kalimat tersebut adalah... . SKL 12
A. heterogeen, fluralisme, konfrehensif
D. heterogen, fluralisme, komprehensif
B. hetrogen, pluralisme, konfrehensif E.
heterogen, pluralis, konprehensip
C. heterogen, pluralisme, komprehensif
Tryout UN Bahasa Indonesia IPA/IPS SMA 2012. Distributed by http://pak-anang.blogspot.com Halaman 4
5
23. Akibat serangan hama itu, nilai jual
padi di wilayah timur Cilacap menjadi sangat rendah. Apalagi tanaman
padi tersebut sempat terguyur abu
vulkanik Merapi. ... . Daya tarik pembeli pun menjadi berkurang.
Kalimat deskriptif yang tepat untuk
melengkapi paragraf tersebut adalah... . SKL 10
a. Jika demikian, daya jualnya menjadi
rendah
b. Padi seperti ini tidak bisa
diharapkan lagi
c. Otomatis tidak setiap orang mau
membelinya
d. Bulir-bulir padi kusam, keabu-abuan,
dan tidak cerah
e. Sesuatu yang sudah cedera tidak mudah
dijual
24. Cermati paragraf tulisan esai sastra
berikut ini!
Ada sebuah pertanyaan besar yang sampai
sekarang belum ada jawaban yang memuaskan. Benarkah sastra
Indonesia lahir pada 1920? Tidak sedikit
pakar sastra Indonesia yang masih berpendapat bahwa kelahiran
sastra Indonesia dimulai pada 1920
dengan sejumlah argumentasi yang sekilas tampak mantap. Tanpa
mengulang kembali apa yang telah
disampaikan A. Teeuw, Ajip Rosidi, Yudiono K.S., Maman S. Mahayana,
Bakri Siregar, bahkar Umar Yunus dan
Slametmoeljana, saya mencoba melihat upaya yang dilakukan para
pakar sastra lainnya dalam
merekonstruksi sejarah sastra Indonesia pada era reformasi ini.
Hal yang diungkapkan dalam kutipan esai
di atas adalah... . SKL 22
A. pengarang dalam sastra Indonesia D.
sejarah sastra Indonesia
B. penemu sastra Indonesia E. lahirnya
sastra Indonesia
C. rekonstruksi sastra Indonesia
25. Jika seseorang menyukai sesuatu yang
dikerjakan, dia tidak akan merasa pekerjaan tersebut sebagai beban. ...,
dia akan menganggap pekerjaan tersebut
sebagai sesuatu yang dapat memberikan kesenangan. ..., dia akan
lebih bersemangat dan tekun dalam
mengerjakannya, akan berusaha untuk menghasilkan yang terbaik. ...,
orang tersebut akan lebih tahan jika
mengalami atau menghadapi masalah. SKL 13
Secara berturut-turut konjungsi yang
tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf tersebut adalah... .
A. sebaliknya, akibatnya, selain itu D.
karena itu, di samping itu, maka
B. sehingga, maka dari itu, bahkan E.
akan tetapi, sebaliknya, lain itu
C. meski demikian, untuk itu, maka
26. Hilangnya budaya... hanya untuk
mengejar prestasi kerja. Prestasi ... hanya bisa diraih dengan baik karena
kinerja yang baik.
Jangan hanya membeli prestasi untuk... Adipura. ... saya seperti ini bukanlah
sesuatu yang
fantastis di era yang
serba canggih.
Kata baku yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah... . SKL 12
A. nyogok, memangnya, mendapatkan, mau
B. menyogok, emangnya, dapet, keinginan
C. menyogok, semestinya, mendapatkan,
keinginan
D. mensogok, mestinya, mendapatkan,
keinginan
E. mensogok, seharusnya, dapat, kemauan
27. Fungsi ... hakim yang selama ini ...
Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial seharusnya bisa berjalan seiring.
Namun dalam praktiknya, kedua lembaga
negara itu ... tidak bisa bekerja sama dalam mengawasi ... hakim
di Indonesia.
Kata berimbuhan yang tepat untuk
melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah... . SKL 12
A. mengawasi, dijalani, berkesan,
pekerjaan D. pengawasan, dijalankan, terkesan, kinerja
B. pengawasan, dijalani, terkesan,
pekerjaan E. pengawas, dijalankan, mengesankan, pekerja
C. mengawasi, menjalankan, terkesan,
pekerjaan
28. Wak Katok berumur lima puluh
tahun. Perawakannya kokoh dan keras, ..., kumisnya panjang dan lebat, otototot
tangan dan kakinya
bergumpalan sebagaimana laiknya orang baru berumur tiga puluhan, bibirnya
penuh dan tebal,
matanya bersinar tajam.
Frasa yang paling tepat untuk melengkapi
deskripsi objektif tersebut adalah... . SKL 13
A. rambutnya yang terurai panjang D.
rambutnya masih hitam legam
B. rambutnya memutih keemasan E.
rambutnya keriting mengusut
C. rambutnya tinggal puluhan helai
Tryout UN Bahasa Indonesia IPA/IPS SMA 2012. Distributed by http://pak-anang.blogspot.com Halaman 5
6
29. Anak-anak siswa baru yang kami
banggakan,
SMA adalah jenjang
pendidikan yang lebih tinggi dari SMP. Kelebihan yang satu ini akan membawa
sederetan kelebihan
yang lain, terutama berkaitan dengan sikap dan perilaku para siswa. Perilaku
anakanak
dalam bergaul dengan
sesama tentu saja akan berbeda dibandingkan ketika anak-anak masih di
bangku SMP,
lebih-lebih perilaku dalam hal belajar. ... . SKL 11
Kalimat persuasif yang tepat untuk
melengkapi teks pidato tersebut adalah... .
A. Karena itu, sebagai pelajar SMA sudah
waktunya kalian jangan banyak bermain-main di dalam kelas.
B. Maka dari itu, bacalah buku-buku pelajaran
yang tersedia di perpustakaan sebelum guru membahasnya.
C. Sungguh menjadi kemerosotan besar
bilamana adik-adik tetap berlaku sebagaimana masih duduk di
bangku SMP.
D. Oleh karena itu, mulai hari ini
sebaiknya kalian banyak belajar pada kakak-kakak kelasmu.
E. Tak ada jalan lain kecuali adik-adik
mau meninggalkan pelajaran-pelajaran yang pernah didapatkan di
bangku SMP.
30. Perhatikan judul karya ilmiah
berikut! SKL 17
Upaya meningkatkan
kepedulian masyarakat terhadap pendidikan anak usia dini
Kalimat latar belakang yang sesuai
dengan judul karya ilmiah di atas adalah… .
A. Pendidikan anak usia dini merupakan
fondasi terpenting untuk mewujudkan generasi penerus pada masa
yang akan datang.
B. Kepedulian dan peran serta masyarakat
terhadap terlaksananya pendidikan anak usia dini masih sangat
rendah.
C. Kini banyak lembaga PAUD bermunculan
baik formal maupun nonformal, di perkotaan dan pedesaan.
D. Pemerintah kini memprogramkan PAUD
sebagai pilihan mencerdaskan bangsa.
E. Kepedulian masyarakat terhadap PAUD
dapat diwujudkan terutama dengan penanaman kesadaran.
31. Dalam orasinya, beliau telah
sampaikan bahwa masyarakat Yogyakarta tetap bersikukuh untuk
mempertahankan
pemerintahan Kasultanan.
Struktur kalimat yang tidak baik ini
dapat diperbaiki menjadi... . SKL 13
A. Dalam orasinya telah beliau sampaikan
bahwa masyarakat Yogyakarta tetap bersikukuh untuk
mempertahankan pemerintahan Kasultanan.
B. Beliau dalam orasinya telah sampaikan
bahwa masyarakat Yogyakarta tetap bersikukuh untuk
mempertahankan pemerintahan Kasultanan.
C. Dalam orasinya beliau telah sampaikan
bahwa masyarakat Yogyakarta masih bersikukuh untuk
mempertahankan pemerintahan Kasultanan.
D. Bahwa masyarakat Yogyakarta tetap
bersikukuh untuk mempertahankan pemerintahan Kasultanan
dalam orasinya beliau telah sampaikan.
E. Dalam orasinya tentang masyarakat
Yogyakarta tetap bersikukuh untuk mempertahankan pemerintahan
Kasultanan beliau telah sampaikan .
32. Penulisan judul karya tulis
yang sesuai dengan kaidah ejaan penulisan judul adalah... . SKL 16
A. PEMBANGKIT LISTRIK BERTENAGA SAMPAH
di ERA GLOBALISASI
B. Pembangkit Listrik Bertenaga Sampah
di Era Globalisasi
C. Pembangkit Listrik Bertenaga Sampah
Di Era Globalisasi
D. Pembangkit Listrik Bertenaga Sampah,
di Era Globalisasi
E. Pembangkit listrik bertenaga sampah
di era globalisasi
SKL 15
33. Saya yang bertanda tangan ...
mengajukan lamaran untuk mengisi lowongan kerja tersebut.
Penulisan rincian identitas pelamar yang
tepat untuk melengkapi kalimat lamaran pekerjaan tersebut adalah...
A. nama : Nanang Himawan, SE.
pendidikan : S1, Ekonomi
B. nama : LAILI MUNAWAROH.
tempat dan tanggal lahir : Yogyakarta 12
Februari 1986
C. nama : Anisa Kusumawati.
tempat dan tanggal lahir : Yogyakarta,
12 Januari 1977
D. nama : Susi Raysita
alamat lengkap : perum Sawo, Jajar,
Blok, E/2A
E. nama : Prabowo
pendidikan : D3 Ekonomi
Tryout UN Bahasa Indonesia IPA/IPS SMA 2012. Distributed by http://pak-anang.blogspot.com Halaman 6
7
34. Perhatikan iklan berikut! . SKL
15
LOWONGAN
Dibutuhkan 5 karyawan untuk bekerja
di CV Nutrisi dengan syarat-syarat:
1. Minimum pendidikan D III
2. Menguasai bahasa asing
terutama bahasa Inggris
3. Mampu mengoperasikan
computer
CV Nutrisi, Jalan Angsoka 14
Yogyakarta. Paling lambat satu minggu setelah iklan ini .
Radar Jogja, 8 Februari 2011
|
Kalimat pembuka surat lamaran yang tepat
sesuai dengan iklan di atas adalah... .
A. Sehubungan dengan iklan Bapak di Radar
Jogja, saya berniat menjadi karyawan di perusahaan Bapak.
B. Dengan ijasah yang sesuai dengan
iklan Bapak, saya bermaksud melamar menjadi ... .
C. Saya lulusan DII menguasai bahasa
Inggris dan komputer, ingin melamar lowongan pekerjaan di
perusahaan Bapak.
D. Berdasarkan iklan yang dimuat pada
harian Radar Jogja, tanggal 8 Februari 2011, dengan ini saya
mengajukan lamaran pekerjaan menjadi...
.
E. Saya ingin melamar pekerjaan sesuai
lowongan pekerjaan yang telah diiklankan sebagai...
35. Simaklah nasib tokoh aku
dalam Kewang Key, Dilang Putri dan Danau Belau, nasib Inur dalam Eheng,
Riu
dalam Penari dan Isuy dan Jemina
dalam cerpen yang diangkat menjadi judul buku ini, Tarian Gantar.
Semuanya memperlihatkan relasi tidak
terputuskan antara manusia dan lingkungan. Bahkan, ketika yang
disebut pertama ini sudah terpisah
puluhan tahun ribuan kilometer jaraknya dengan yang disebutkan terakhir.
Meskipun isinya terdapat kemiripan
perwatakan antara satu cerpen dan cerpen lain, misalnya, Riu dan
Jemina. Hal itu tidak
mengurangi sebuah keistimewaan kumpulan cerpen. Hal ini pula yang menyebabkan
Tarian Gantar memiliki nilai
antropologis, di samping nilai sastranya yang tinggi.
Kalimat resensi yang menyatakan
keunggulan yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah... .
A. Isi cerita Tarian Gantar terdapat
banyak kemiripan dengan cerita-cerita yang lain sehingga
membosankan.
B. Tarian Gantar yang merupakan
judul buku kumpulan cerpen ini ternyata mempunyai nilai antropologis
dan nilai sastra yang tinggi.
C. Adanya relasi tidak terputuskan
antara manusia dan lingkungan membuat cerita mempunyai kemiripan
dengan cerita-cerita terpisah.
D. Kemiripan perwatakan antara beberapa
cerita membuat cerita ini tidak memiliki keistimewaan apalagi
membaca untuk cerita selanjutnya.
E. Tarian Gantar yang terdiri dari
beberapa judul ini sudah terpisah puluhan tahun dan ribuan kilometer
jarak.
36. Perhatikan satu bait puisi di bawah
ini!
...
Berdesir bunyinya
sesayup sampai
Tumbuh di pantai
bercerai-berai
Memagar daratan aman
kelihatan
Dengarlah ombak
datang berlagu
Mengajari bumi ayah
dan ibu
Indonesia namanya,
tanah airku
Pernyataan bermajas personifikasi yang
sesuai untuk melengkapi puisi tersebut adalah... . SKL 18
A. Bakau merimbun mengganggu pandangan
D. Ombak pantai berkejar-kejaran
B. Lihatlah pohon kelapa melambai-lambai
E. Riak pantai berdesir-desir santai
C. Lihatlah wisatawan ramai sekali
37. Setiap pekerjaan di dalam
kehidupan ini pasti ada risikonya. Sebagai pekerjaan kita harus memikul risiko
tersebut. Namun, jika
kita benar-benar menjalankan pekerjaan dengan cermat, teliti, dan disiplin
tentunya
akan meminimalisasi
terjadinya risiko. Risiko yang terjadi harus kita pertanggungjawabkan karena
hal ini
bagian dari perbuatan
yang kita lakukan. Janganlah kita takut dan lari dari risiko. Ibaratnya... .
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi
paragraf di atas adalah... . SKL 12
A. Tak ada gunung yang tak dapat didaki
dan tak ada lembah yang tak dapat dituruni
B. Masuk kandang kerbau menguak masuk
kandang kambing mengembik
C. Gajah di pelupuk mata tak tampak
semut di seberang lautan tampak
D. Kalau takut dilimbur pasang janganlah
berumah di tepi pantai
E. Air cucuran atap jatuhnya ke
pelimbahan juga
LOWONGAN
Dibutuhkan 5 karyawan untuk bekerja di
CV Nutrisi dengan syarat-syarat:
1. Minimum pendidikan D III
2. Menguasai bahasa asing terutama
bahasa Inggris
3. Mampu mengoperasikan computer
CV Nutrisi, Jalan Angsoka 14 Yogyakarta.
Paling lambat satu minggu setelah iklan ini .
Radar Jogja, 8 Februari 2011
Tryout UN Bahasa Indonesia IPA/IPS SMA 2012. Distributed by http://pak-anang.blogspot.com Halaman 7
8
38. Cermati baik-baik penggalan
naskah drama berikut! SKL 19
Kanto : (dalam pakaian prajurit masuk
girang mendapati Suromo) Romo!
Suromo : (Gembira) Kanto, kau di
sini?
Kanto : Aku juga tak mau ketinggalan.
Jangan lupa aku juga pernah ikut berusaha.
Suromo : (menjabat tangan Kanto)
Tak kusangka kau bisa datang.
Kanto : ...
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
dialog di atas adalah... .
A. Aku masih di sana sampai sekarang,
kamu belum tahu tempatku yang baru?
B. Kamu tidak mengenalku sahabat, nama
saya siapa?
C. Kamu baru datang, bukankah kakakmu
sudah datang?
D. Aku dapat izin istimewa dari
taico-dono, tapi aku mesti masuk lagi malam ini.
E. Kau menyangka aku datang ke sini
bukan kembali ke kampung
39. Di taman ini, saya adalah seekor
burung. Terbang beribu-ribu mil dari sebuah negeri yang tak mengenal
musim, berimigrasi mencari semi, tempat
harum rumput bisa tercium, juga pohon-pohon, yang tak pernah
kita tahu namanya, atau umurnya. Aroma
kayu, dingin batu, batu perdu dan jamur-jamur adalah mereka
bernama, atau berumur. ... . SKL 21
Saman, oleh Ayu Utami
Kalimat kritik yang sesuai dengan
penjelasan karya fiksi tersebut adalah... .
A. Ayu Utami mengungkapkan pikirannya
dalam bahasa yang halus, sederhana, dan mudah dipahami.
B. Ayu Utami kurang cermat dalam
mendeskripsikan tempat atau suasana sehingga sulit dibayangkan
wujudnya.
C. Dalam karangannya ini, Ayu Utami
telah berhasil menguraikan tema yang sangat jarang digarap orang
lain.
D. Bahasa yang bagus mampu memabawa
pembaca untuk tidak berhenti membaca jika belum selesai
membaca novel ini.
E. Ayu Utami berhasil menguraikan tema
dengan bahasa yang bagus sehingga mampu menarik perhatian
pembaca.
40. Dengan hormat,
... .
hari/tanggal : Sabtu, 12 Februari 2011
pukul : 14.00 – selesai
tempat : alula SMA Bina Insani
acara : rapat kelulusan siswa Kelas XII
Kami sangat mengharapkan kehadiran Bapak
dan Ibu Guru dalam rapat tersebut. Atas perhatian
Bapak/Ibu Guru, kami mengucapkan terima
kasih.
Kepala SMA Bina Insani
Drs. H. Rahmat Sutedjo
Kalimat pembuka untuk melengkapi surat
undangan tersebut adalah.... .SKL 15
A. Mengingat pentingnya acara rapat
kelulusan siswa Kelas XII ini, kami mengundang Bapak/Ibu Guru
untuk hadir pada,
B. Dalam rangka menentukan kelulusan
siswa kelas XII, kami mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu Guru
dalam rapat pada,
C. Dengan surat ini, kami mengundang
Bapak/Ibu Guru untuk menghadiri rapat yang akan diselenggarakan
pada,
D. Bersama surat ini, kami mengundang
Bapak/Ibu Guru untuk menghadiri rapat kelulusan siswa Kelas XII
pada,
E. Berhubung akan diadakan rapat
kelulusan siswa Kelas XII, kami mengharapkan kedatangan Bapak/Ibu
pada,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar